Tuesday 12 July 2016

Tutorial Flash Redmi Note 3 (MTK) yang HardBrick

Tags

Sejak awal diciptakan, Android berbasis open source atau sistem  operasi terbuka (menurut pemahaman ts sendiri..hehe). Disini artinya setiap pengguna sistem operasi android boleh mengembangkan, memodifikasi dan mengkustomisasi sesuai keinginan penngguna. Dari sinilah cikal bakal "dunia oprekers android" mulai berkembang..hehe.. *intermezzo..cmiiw

Istilah oprekers disini admin gunakan yaitu yang artinya memodifikasi, mengutak-atik, mengubah dan sejenisnya. Bagi teman-teman yang baru mendengar istilah ini jangan bingung ya..hehe.bagi yang udah berpengalaman, udah biasa dengan istilah ini.

Memodifikasi atau mengoprek sistem operasi android memiliki seni dan "kecanduan" tersendiri. Mengapa? Setiap user android memiliki tingkat kepuasan tersendiri. Misal bagi pengguna dan yang suka memodifikasi motor,  mobil dsb, tentu hasil modifikasinya berbeda-beda karena setiap pengguna punya selera yang berbeda-beda. Begitu juga dengan modifikasi android. Bagi admin sendiri, hobi ini sudah digeluti sejak 2011 sejak pertama kali mengenal android. Semakin bermasalah utak-atik android, semakin tertantang dan semakin seru. Itu yang admin alami..hehe..*lho kok jadi curcol. skip..abaikan.

Dalam mengutak-atik android, walaupun sudah menngikuti tutorial, masi tetap saja ada faktor X yang menyebabkan kerusakan pada hp android. Banyak teman-teman di facebook grup xiaomi redmi note 3 mengalami Hardbrick atau mati total. Hardbrick disini diartikan, kondisi xiaomi redmi note 3 nya tidak bisa nyala , seperti tidak ada tanda-tanda kehidupan setelah melakukan instalasi/flashing rom. Di cas, pencet tombol power, pencet tombol power + vol updown, tidak ada respon. Admin sendiri sangat sering mengalami hard brick. Oleh karena itu, admin mencoba sharing bagaimana cara "bangkit", menghidupkan kembali xrn3 nya dari apa yang pernah admin coba.

Sebenarnya cara untuk menghidupkan kembali xrn3 yang mati total atau hard brick, sama saja dengan flashing rom. Baik itu rom stable, rom dev.  Intinya sih sama, beda nya cuma ada sedikit trick untuk mengakali agar xrn3 bisa hidup dan nnyala seperti sedia kala. Tutorial disini admin anggap pembaca sudah mengerti dengan bahasa yang digunakan dalam tutorial ini, dengan bahan-bahan yang digunakan. Jika belum, silakan liat postingan sebelumnya cara flashing rom di xiaomi redmi note 3.

Baca sampai habis tutorial ini. Yang admin tulis adalah berdasarkan pengalaman admin sendiri.

Step by step :
1. Uninstall terlebih dahulu driver-driver yang berhubungan dengan  xiaomi, android dan sejenisnya. Uninstall menggunakan USBDeview. Silakan download dimari.
 Setelah uninstall, restart pc. Buat aman aja.
2. Download driver yang  dibutuhkan. Silakan download dimari atau driver yang ini
3. Download Fastboot Rom Redmi note 3. Untuk yang China Dev, download dimari atau China Stable download dimari
4. Flashing fastboot rom menggunakan SPF Tools v5.1532. JIka belum punya, silakan  Download SPF Tools v5.1532 , jika sudah, abaikan. Tutorial cara flashing, baca dimari
admin sendiri tidak menyarankan "preloader" dicentang atau tidak, karena admin sendiri pernah melakukan centang dan gak centang, tetap berhasil keduanya.
5. Setelah flashing berhasil menggunakan SPF Tools v5.1532, kalau sudah nyala dan normal, selamat. tapi biasanya hp masi hardbrick. 
6. Kembali, flashing menggunakan SPF Tools v5.1516. Download dimari jika sudah punya, abaikan. Tutorial cara flashing, baca dimari.
Kebanyakan tutorial menyebutkan bahwa jangan mencentang "preloader", tapi admin sendiri malah mencentang preloader dan atau tidak mencetang. Sekali lagi, bagi admin sendiri tidak menyarankan, depend on user.


Normalnya, hp sudah bisa nyala flashing menggunakan spf tools v5.1516. Namun dari seringnya mengalami hardbrick dan berbagai macam errornya, yang pernah admin lakukan :
1. Pastikan semua driver sudah terinstall. Cek di Device Manager pada PC sobat.
2. Menghapus driver yang terinstall yang berhubungan dengan xiaomi, android dan sejenisnya. Restart jika diperlukan. 
3. Coba port usb yang berbeda.

Yang admin lakukan ketika admin menghidupkan kembali xrn 3nya selain menggunakan SPF Tools v5.1516 adalah menggunakan kombinasi 3 tombol yaitu tombol volume up+volume down+power
Biasanya, sebelum colokin kabel usb hp ke usb pc, biasanya pencet vol up.
Nah kali ini, coba dilakukan pencet ketiga tombol secara bersamaan sebelum colokin ke pc. Lakukan kombinasinya. 
1. Vol up + vol down saja
2. Vol up + power saja
3. Vol down + power saja
4. Vol down + vol up + power
Disini tidak menjamin kombinasi tombol mana yang berhasil, karena admin sendiri mengalami berbeda-beda ketika melakukan flashing. 

Yang admin shating disini adalah yang pernah alami dan lakukan. Setiap user punya pengalaman dan hasil yang berbeda-beda, namun intinya sama. Ketika hardbrick, yang pernah admin alami, cuma bisa diselamatkan oleh spf tools v5.1516. Mungkin sobat pernah mengalami dengan metode yang bebeda.


EmoticonEmoticon