Thursday 14 July 2016

Cara Memperbaiki Problem Imei Null dan NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Xiaomi Redmi Note 3

Tags

Kepanikan. Mungin itulah yang mungkin bakal sobat alami jika mengalami Imei null pada ponsel sobat. Kenapa bisa panik? Simple nya, Imei berfungsi untuk aktifitas telekomunikasi. Tanpa imei, ponsel mirip seperti tablet nya apel. You Know What I Mean. hehe. Ibaratnya, imei itu hal yang wajib bagi ponsel dan perangkat teleomunikasi lainnya. Oke, ini hanya prolog saja.

Berdasarkan pengalaman admin sendiri, yang sering flashing, install ulang ponsel, sering mengalami Imei null dan akhir-akhir inni juga dibarengi dengan NVRAM warning err=0x10. Nvram warning sih ga ada pengaruhnya bagi ponsel, tapi "kehadirannya" ya cukup menggangu pada daftar hotspot yang aktif jika ponsel lagi mengaktifkan fitur wifi. Nah dari pengalaman admin ini lah, admin coba share ke sobat techno, semoga bisa membantu jika sobat mempunyai masalah yang sama. Setelah sekian lama browsing memecahkan masalah ini, coba trik ini itu, ada sih yang fix, tapi ga bertahan lama. Akhirnya ketemu solusi yang fix permanen setelah baca tutorial dari sebuah blog yaitunya perintahdasardotcom. Thanks om admin perintahdasardotcom atas ilmu nya. Walau pada tutorial tersebut, ane sering stuck, akhirnya ane mencoba "bermanufer", ekperimen sendiri dengan metode ane tapi tetap based nya dari tutor tersebut.

Baiklah, langsung saja tutornya. 

Persiapan dan bahan.
1. Sobat harus punya stock rom (stable atau dev) redmi note 3. Ada file yang dibutuhkan dari rom tersebut. Jika belum punya, silakan download dimari
2.  Aplikasi Mediatek MT6795 tool wifi. Bahannya ada dibawah.
3. Sudah terinstall driver-driver yang dibutuhkan. Jika sobat pernah melakukan flashing di pc/laptop nya, point 3 ini bersifat opsional saja.

Tutorial
Tahap 1:
Download aplikasi MediaTek MT6795 Tools WIFI bahannya dimari. Setelah download, file nya berbentuk .exe. Walaupun extensi file nya .exe, tapi file tersebut bisa di extract. Kenapa di extract? Kenapa ga di install? Pengalaman admin, setelah install aplikasi tersebut, tidak ditemukan shortcut aplikasi nya  di desktop maupun di list Program. Setelah diinstal, aplikasinya jalan. Tapi kalau aplikasinya di close, mau buka aplikasi itu lagi, shortcutnya ga ketemu ditempat yang semestinya dan biasanya. Cara simple nya yaitu, extract saja. Setelah exract, jalankan aplikasi SN Writer.exe. 

Tahap 2:
Klik "System Config". 

Tahap 3:
Centang imei, jika sobat mengalami Imei Null. Centang Wifi Address jika sobat mengalami NVRAM Warning Err. Jika mengalami kedua-duanya, centang kedua-duanya. Karna redmi note 3 dual imei, pada menu Imei Option, centang juga "Dual Imei" dan "Dual Imei Same". Imei 1 dan Imei 2 disamakan. Imei bisa dilihat di box ponsel redmi note 3. Bagaimana jika  tidak ada box nya? Atau imei nya tidak diketahui? Sebenarnya, imei ponsel ada dibagian dalam ponsel. Karna ponsel redmi note 3 susah untuk dibongkar dan beresiko juga, pakai aja imei bebas menggunakan aplikasi ini. Download dimari.
Pada settingan MD1_DB, seperti yang terlihat pada gambar diatas kotak warna merah, pilih file BPLGUInfoCustomAppSrcP_MT6795_S00_MOLY_LR9_W1423_MD_LWTG_MP_V24_P52_1_ltg_n
dan kotak hijau AP_DB, pilih file APDB_MT6795_S01_L0.MP6_W16.23 (sesuaikan nomor w16.23. tidak harus sama) dari stock rom. Jangan gunakan yang sudah ada pada aplikasi tersebut karena admin pernah mengalami selalu failed/gagal dan stuck di proses angka 20%.
 
Settingan yang lain abaikan saja.
Klik Save

Tahap 3:
Klik tombol "Start". Akan muncul pop up untuk mengisikan Imei dan wifi address.(Jika sobat hanya membutuhkan salah satu, mak pop up yang diisikan juga menyesuaikan)

Tahap 4 :
Masukan Imei dan wifi address. Cara mengetahui wifi address adalah, masuk ke menu setting > About Phone > Status. Dan cari MAC Address. Atau menu WLAN > Advanced Setting > MAC Address. 

Tahap 5 :
Ponsel dalam keadaan off. Klik OK.dan hubungkan ponsel ke pc/laptop menggunakan kabel usb sambil tekan dan tahan volume bawah. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses selesai, nyalakan ponsel. dan cek imei di *06# dan cek wifi dengan mengkatifkan wifi. Harusnya problem tersebut udah fix 100% dan permanen.
Goodluck


EmoticonEmoticon