Monday 11 July 2016

Cara Gampang Root Smartphone Android Menggunakan Kingroot apk

Tags

Kebanyakan user smartphone khususnya android, tidak mengetahui apa itu root. Malahan bagi sebagian yang masih awam dengan teknologi, menganggap root itu adalah salah satu cara hack hp dan bisa membahayakan smartphone mereka. Bener sih, root bisa membahayakan bagi smartphone, tapi jika bisa digunakan dengan baik, malahan banyak manfaatnya. Dan disini juga lah seni nya menggunakan android yang Sistem Operasinya berbasis terbuka. Terbuka dalam artian bisa dikembangkan oleh user, dan tidak terikat oleh si pembuat.

Secara simple dan bahasa sederhananya, system operasi dari smartphone dilindungi oleh manufaktur dan pengembangnya. Tujuannya yaitu untuk meindungi, keamaan dari system operasi tersebut dan juga merupakan identitas dari system operasi dari manufaktur yang bersangkutan. Misal, sebut saja Xiaomi, Cyanogenmod yang OS nya memiliki ciri khas tersendiri. Agar ciri khas mereka tidak hilang, maka manufaktur dan developer memproteksi OS mereka. Dan root itu sendiri adalah cara untuk "membongkar" yang dilindungi oleh manufaktur dan pengembang tersebut. Jika dianalogikan, root yang dilakukan ini berguna untuk memodifikasi OS.

Step by step:
1. Download dulu bahannya dimari
2. Install aplikasi kingroot yang sudah di download. Pastikan sudah mengaktifkan "Unknown Source" pada smartphone sobat. Jika belum, aktifkan dulu di : Setting >> Privacy >> Unknown Source . Setiap smartphone android beda-beda menu setting nya, tapi intinya sama.
3. Jalankan aplikasi Kingroot dan biarkan aplikasinya memproses root smarphone android sobat.
4. Tunggu hingga proses selesai. Jika gagal, coba lagi.
 
Sampai disini, proses root udah selesai dan smartphone udah berhasil di root, tapi tunggu dulu. Ada baiknya aplikasi kingroot diganti dengan SuperSu seperti pada umumnya. Berikut caranya:
 
1. Download bahannya dimari 
2. Extract dan copy ke memory internal hp
3. Download dan install terminal emulator dimari
4. Jalankan aplikasi terminal emulator dan ketikan perintah berikut:
su    [enter----(konfirmasi ok )-----]
sh /sdcard/supersu/start.sh   [enter]
5. Tunggu hingga proses selesai dan muncul aplikasi SuperSu di home screen hp  sobat.
 
Dan selamat, smartphone sobat sudah root dan bisa memulai petualangan oprekannya :) 


EmoticonEmoticon